Perbedaan Shalat Tahajud dan Shalat Malam, Apakah Bedanya

Shalat Tahajud dan Shalat Malam, Apakah Perbedaanya

Shalat Tahajud dan Shalat Malam, Apakah Perbedaanya

terkadang kita kerap mendengar kalimat shalat tahajud dan shalat malam, apakah kita sudah mengetahui tentang perbedaan mendasar tentang shalat malam dan shalat tahajud. Keutamaan salat malam ini termaktub dalam pada firman Allah SWT dalam surah Al-Muzzammil: “Bangunlah [salat] pada waktu malam hari, kecuali sebagian kecil, [yaitu] separuhnya atau kurang sedikit dari itu,” (Q.S. Al-Muzzammil [73]: 2-3). Dan perintah untuk melaksanakan salat tahajud termaktub dalam surah Al-Isra’: “Pada sebagian malam, tahajudlah sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji,” (Surat Al-Isra [17]: 79).

Shalat malam adalah shalat yang dilakukan di malam hari ini setelah shalat isya yang diantaranya adalah shalat tarawih, shalat witir, shalat hajat, shalat istiharah, shalat sunah mutlak (shalat sunah yang tidak punya sebab dan tidak terikat dengan waktu) yang dilakukan di malam hari, atau juga shalat sunah rawatib, baik itu qabliyah atau ba’diah yang tidak dilakukan pada waktunya.

Shalat tahajud adalah shalat sunah yang dilaksanakan sesudah bangun tidur pada malam hari dan belum memasuki waktu subuh. dan rakaat shalat tahajud adalah bebas , bahkan tidak terbatas

Quran Surat Al-Isra Ayat 79

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. Tafsir Quran Surat Al-Isra Ayat 79

 

Berikut Adalah Niat Shalat Malam

Bacaan Niat Sholat Witir Dua Rakaat:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal witri rak’ataini mustaqbilal qiblati (makmuuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa.

 

Bacaan Niat Sholat Witir Satu Rakaat:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal witri rok’atan mustaqbilal qiblati (makmuuman / imaaman) lillaahi ta’aalaa.

Artinya : Saya (berniat) mengerjakan Sholat Sunnah Witir, satu raka’at dengan menghadap kiblat, (makmum / imam), karena Allah Ta’ala.

2 . Shalat Tahajud

Shalat Tahajud adalah khusus untuk shalat malam. Sebagian ulama mengatakan Shalat Tahajud itu berlaku umum untuk seluruh shalat malam. Sedangkan menurut sebagian ulama lain, Shalat Tahajud adalah shalat malam yang dilakukan setelah tidur atau harus tidur terlebih dahulu.

Berkata Imam Syafi’i, ”doa disaat tahajud bagaikan anak panah yang melesat tepat mengenai sasaran.”

Dalam tafisrnya, Imam al-Qurthubi mengatakan, Tahajud adalah bangun setelah tidur (haajid), kemudian menjadi nama shalat karena seseorang bangun untuk mengerjakan shalat, maka Tahajud adalah mendirikan shalat usai tidur. Hal yang sama dikatakan oleh al-Aswad, al-Qamah, dan Abdurrahman bin al-Aswad.

berikut adalah niat shalat tahajud

1. Niat sholat tahajud

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa.

Wallahua’lam ( والله أعلمُ) “Dan Allah lebih tahu Dan Allah Yang Maha Mengetahui”.

 

Keutamaan Sholat Tahajud

Waktu Dikabulkannya Doa

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Jalan Atau Jembatan Masuk Surga

Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan sholat tahajud. “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

Amalan Membantu Kita di Akhirat

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

Kebiasaan yang Dilakukan Orang Saleh

Sholat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh. Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

“Biasakanlah dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

Menjaga Kesehatan Rohani

Allah SWT telah berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *